Kesehatan

Kalian Semua Tahu Gak Sih, Kenapa Gula Manis? Nih Penjelasannya…

Kalian semua pasti pernah kan merasakan bagaimana manisnya permen? Baik itu permen kapas atau manisan dijamin kalian pasti pernah merasakannya.

Tapi tidak semua orang itu diperbolehkan mengkonsumsi yang manis, bagi mereka yang diabetes pasti akan mengurangi konsumsi gula yang berlebihan.

Tapi tak dipungkiri juga guys, masih banyak orang yang suka dengan rasa manis.

Ets, kalian tahu gak sih kenapa gula itu manis? Belum tahu kan, ini dia.

Gula sumber kalori

Gula merupakan bahan makanan yang mudah dicerna dan menjadi sumber kalori. Rasa yang mudah diterima oleh lidah setiap manusai tersebut kemdian disebut dengan rasa manis.

Semua mamalia bisa meraskan gula, kecuali kucing

Tahu kah kamu, kalau hampir semua mamalia bisa merasakan manis pada gula. Tapi si kucing yang terkenal imut dan mengemaskan justru tak bisa merasakan rasa manis pada gula.

Sukrosa jenis gula yang banyak dikonsumsi manusia

Setiap makanan memiliki jaringan molekul yang berkontribusi memberikan sensasi rasa, entah itu manis, pahit, asin atau gurih. Begitu juga dengan gula yang terdiri dari jaringan molekul yang memberikan rasa manis. Ada banyak jenis gula, contohnya saja glukosa, fruktosa, sukrosa dan sakarin. Tapi dari semua jenis gula tersebut, manusia paling sering merasakan manis pada makanan yang mengandung molekul sukrosa. Perlu kamu tahu yah, sukrosa itu gabungan antara dua komponen yaitu glukosa dan fluktosa. Sakarin juga memiliki rasa manis meskipun rasanya sedikit berbeda tak seperti rasa gula.

Jarak ikatan atom hidrogen yang membuat gula memiliki rasa manis

Ingin tahu kenpa rasa gula itu manis? Yuk sedikit mempelajiri kimia lewat jaringan molekul gula. Pada dasarnya kompenen pembentuk gula terdiri dua pasang atom hidogen yang terlihat seperti cabang keluar dari permukaan. Nah, atom-atom ini akan saling berikatan dengan reseptor perasa lidah saat kita memakannya. Dalam gula atom hidrogen ditempatkan antara 2,5 dan 4 angstrom (satuan panjang untuk ukuran partikel atau senyawa kimia yang menggunkan spektrum optik).

Rasa manis dan pahit sebenarnya hanya ditentukan dari jarak hidrogen

Rasa pahit dan manis memang sangat bertolak belakang. Tapi percaya atupun tidak, kedua rasa ini terbentuk karena ikatan hidrogen, hanya saja yang membedakan antara keduanya adalah jarak ikatan hidrogen tersebut.

Nah sekarang kalian udah tahu kan kenapa rasa gula itu manis.

(ayu/pepo)

Baca Juga