Aneh

Para Astronot Kini Bisa Makan Kotorannya Sendiri! Gimana Rasanya?

Entah bagaimana rasanya, namun baru-baru tim ilmuwan dari Pennsylvania State University telah menemukan penemuan untuk astronot yang bisa dibilang menjijikan.

Dilansir dari sciencealert.com, para ilmuan tersebut menemukan penemuan yang memperbolehkan para astronot untuk memakan kotorannya sendiri.

What? Emang apa rasanya?

Hal tersebut dilakukan demi memaksimalkan persediaan makanan di luar angkasa.

1. Mendaur ulang feses menjadi makanan astronot.

Bukan hanya kotoran saja yang ternyata bisa dimakan oleh para astronot, melainkan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station, ISS), terdapat sebuah sistem yang memungkinkan astronot meminum air seninya sendiri.

2. Fermentasi dengan bakteri khusus.

Untuk mendaur ulang kotoran astronot, tim ini menciptakan sebuah sistem khusus berbentuk tabung dengan panjang 1,22 meter. Di dalam sistem ini, terdapat beberapa jenis mikroba yang akan mengurai kotoran tersebut secara anaerobik. Proses ini akan menghasilkan gas metana, yang kemudian diberikan ke koloni bakteri Methylococcus capsulatus. Bakteri inilah yang akan menghasilkan substansi padat bergizi tinggi sebagai makanan daur ulang bagi para astronot di luar angkasa.

3. Nilai gizi tinggi.

Menurut penelitian, kotoran yang sudah mengalami fermentasi terdapat banyak nilai gizi yang ternyata sangat tinggi.

4. Harus dikembangkan lagi.

Meskipun disebut-sebut sebagai temuan yang revolusioner, sistem daur ulang ini masih membutuhkan beberapa penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya di luar angkasa.

(ayu/pepo)

Baca Juga